Jumat, 24 Juni 2016

RANGKUMAN BUKU RPIM (HAL 68-122)



KEPADA APA KAMI MENYERU MANUSIA
MISI SEORANG MUSLIM
Misi seorang muslim dalam hidup ada pada Al Hajj : (77-78). Beribadah pada Allah semata tanpa adanya penghambaan kepada selainNYA. Melakukan kebajikan sesuai kadar kemampuan. Minimal adalah dengan meninggalkan kejahatan.
HAK KEMANUSIAAN
Kaum muslimin diperintahkan untuk berjihad si jalan Allah, dengan jalan menyebarkan dakwah islam kepada umat manusia.
MENJAGA KEBENARAN DENGAN KEKUATAN
Kekuatan adalah jalan paling aman untuk memunculkan kebenaran. Sungguh suatu kesempurnaan jika suatu saat kekuatan berjalan beriringan dengan kebenaran. Hendaklah mereka menjadi satu barisan, satu kekuatan, menjadi satu pasukan pembebas yang akan menyelamatkan kemanusiaan dan menunjukkan mereka ke jalan yang lurus.
RAHIB DI MALAM HARI & PENUNGGANG KUDA DI SIANG HARI
Sebagai seorang muslim hendaknya menyeimbangkan antara kewajiban individu dan sosial. Di malam hari kita bisa khusyu’ beribadah menjadi bagian dari orang-orang yang tidak tertipu oleh dunia, sedang saat fajar telah menyingsing menjadi prajurit Allah yang siap menegakkan agama Allah di segala penjuru bumi. Islam adalah agama yang mampu membuat perpaduan spektakuler antara urusan dunia berikut pernak-perniknya beserta urusan akhirat berikut spiritualitasnya.
KINI SAATNYA HARUS MEMAHAMI
Iman terus menuntun mereka untuk terus berjuang di jalan ini, bangunlah diri kalian agar dengannya kita mampu membangun umat. Sesungguhya apa yang ada diantara kita akan pupus habis, dan apa yang ada di sisi Allah akan kekal selamanya.

DARIMANA KITA HARUS MEMULAI
Miliki kekuatan jiwa yang dahsyat yang akan terekspresikan dalamtekad membaja yang pernah melemah, kesetiaan teguh yang tak tersusupi oleh penghianatan, pengorbanan yang tidak terbatasi oleh keserakahan dan kekikiran,pengetahuan dan keyakinan, serta penghormatan yang tinggi terhadap ideology yang diperjuangkan.
Sebab kehinaan umat adalah karena kelemahan hati dalam jiwanya, hati mereka kosong dari akhlak mulia dan jiwa kesatria, sekalipun jumlah mereka banyak dan harta mereka melimpah ruah.
ANTARA DUA KEKUATAN
Andaikan orang timur menyadari haknya, kemudian berusaha merubah diri sendiri, membina kekuatan spiritual dan akhlak mulia niscaya kekuatan fisik itu akan datag dengan sendirinya dari berbagai arah. Seperti pada QS. Ar Ra’d:11
JALAN ITU SUDAH JELAS
Islam adalah agama yang agung meletakkan prinsip, system, dan tatanan yang paling tepat bagi kehidupan manusia. Islam meletakkan system bagi dunia yang membuka semua pintu bagi pendayagunaan dan pemanfaatan semua sumber kebaikan, sekaligus menghindarkan manusia dari segala kemungkinan buruk yang mungkin timbul dalam menuju proses kesana.
KITA HARUS MENGIKUTI
Prinsip islam adalah dasar kebangkitan bagi bangsa-bangsa timur modern. Sebuah fenomena kebangkitan yang bertentangan dengan prinsip islam dan hokum al Qur’an, pasti akan menjumpai kegagalan.
WASPADAILAH PENYIMPANGAN
Yang dikhawatirkan saat ini adalah apabila bangsa-bangsa timur terjerumus pada lembah taklid (ikut-ikutan) yang menambalsulam kebangkitannya pada system yang lapuk dan using. Hokum yang diterapkan haruslah bersumber pada Alquranul karim. Sehingga materi hokum yang tidak dibenarkan dalam islam bisa segera dihapus untuk menghilangkan kontradiksi dalam UUDN.

PERBAIKILAH HUKUM
Bagi kaum muslimin, hukum itu haruslah bersumber dari syariat islam yang mengakar kuat pada Al Qur’an sesuai dengan dasar-dasar yang telah terdapat dalam fiqh islam. Dengan menerapkan hukum Allah negara-negara justru telah berlepas diri dari segala pengalaman pahit yang mungkin timbul dari kegagalan system buatan manusia.
PERBAIKILAH WAJAH SOSIAL
Setiap umat memiliki wajah kehidupan sosial yang dengan sadar diayomi oleh pemerintah, diatur oleh system hukum, dilindungi oleh penguasa. Hendaknya rangkaian fenomena kehidupan sosial itu sejalan dengan etika dan ajaran islam.
PERANGILAH HEDONISME
Bentuk orientasi hidup memburu kesenangan yang bertentangan dengan ajaran islam yang menyeru umatnya untuk meninggalkan semua bentuk keterlenaan. Islam harus mampu membasmi segala gejala kerusakan sosial.
ATURLAH PENDIDIKAN
Setiap bangsa islam memiliki strategi pendidikan guna membangun generasi pemuda dan masa depan yang tangguh yang merupakan tumpuan hidup umat baru itu. Yakni menjelaskan keistimewaan ajaran islam sehingga bila suatu umat telah menerima dan meyakininya maka akan terealisasikan pada kehidupan nyata dengan sendirinya.
DAYAGUNAKANLAH PERSAUDARAAN KALIAN
Iman dalam dada telah menumbuhkan rasa cita, kedekatan, persaudaraan yang paling luhur dan abadi diantara mereka. Mereka ibarat satu tubuh, satu hati, dan satu tangan. Seperti dala QS. Al Anfal : 63.
APLIKASI
Aqidah islam membuat kaum muhajirin dan anshar saling merindukan dan menyatu layaknya belahan jiwa yang tak terpisahkan. Mereka bersedia mengorbankan harta, jiwa serta kepentingan keluarganya.walaupun mereka tidak mengenalnya sebelum itu, taka da hubungan kekeluargaan yang megikat.

PERSAUDARAAN ITU MEMAKLUMKAN KEMANUSIAAN
Aqidah ini membuahkan gerakan pembebasan islam yang tiada taranya sepanjang sejarah, baik dalam hal tujuan, cara, management gerakan, maupun hasil-hasilnya. Ketika jiwa penduduk negeri diterangi nur petunjuk ilahi maka kedzaliman akan sirna dan perbedaan akan lenyap. Yang ada hanyalah cinta kasih, keadilan, dan persaudaraan. Saling mencintai dan mengasihi. Pada saat itu ide kebangsaan tidak lagi relevan, lebur meleleh bagai salju tertimpa teriknya sinar matahari.
TAPAL BATAS NEGERI ISLAM
Tapal batas negeri islam terbebas dari sekat-sekat geografis dari apa yang disebut tumpah darah. Negeri islam itu adalah sebentuk kedaulatan ideology agung dan agama suci, ia merupakan sekumpulan hakikat yang dijadikan Allah sebagai petunjuk dan cahaya bagi dunia ini.
JALAN PANJANG
Aliran-aliran pemikiran destruktif yang begitu kuat mencengkeram negeri ini telah melahirkan keputusasaan dalam jiwa umat.
PERSPEKTIF FILSAFAT SOSIAL
Kenyataan hari ini adalah mimpi kemaren, dan mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok.
PERSPEKTIF SEJARAH
Kebangunan sebuah bangsa selalu dimulai dari kemustahilan. Tapi dibalik anggapan kemustahilan tersebut, sejarah telah mengajarkan pada kita bahwa kesabaran, keteguhan, kearifan dalam melangkah telah mengantarkan bangsa-bangsa yang lemah itu telah merangkak dari ketidakberdayaan menuju kejayaan.
ADAKAH JALAN LAIN
Ada 2 pandangan negative yang juga menghasilkan hasil seperti ini, serta menuntun hati mereka kepada ghirah dengan kuat dan benar.


Pertama, sekalipun jalan ini sangat panjang dan berliku, tapi taka da pilihan lain selain ini.
Kedua, jika kita bekerja berarti telah menunaikan kewajiban, pasti kelak akan mendapat balasan dari Allah SWT.
KISAH KEBANGUNAN SEBUAH UMAT
Kelemahan
Kita sekarang berada di sebuah kekuatan adidaya yang begitu pongah dengan kedigdayaannya. Sebuah umat mulia dan luhur kini diperbudak oleh kekuatan adidaya thagut tersebut.
Kepemimpinan
Sekarang kita berada dihadapan seorang pemimpin yang mulai dewasa dan matang. Ia tumbuh besar di bawah bimbingan illahi, jiwanya memberontak pada semua bentuk tirani dan jijik pada kediktatoran.
Pertarungan
Kini kita menyaksikan amarah dan angkara murka kekuatan tirani atas kebenaran. Lalu kita menyaksikan pendukung kebenaran itu bersabar, dan bagaimana pemimpin mereka menjauhkan mereka dari mimpi-mimpi manis agar kelemahan tak menemukan jalan ke hati mereka.
Iman
Dakwahnya telah mereka imani, tentang keteguhan dan kesabaran, keteguhan memegang tali kebenaran, peremehan kepada apa saja bahkan hidup itu sendiri demi iman dan aqidah.
Kemenangan
Kesuksesan, keberuntungan, kemenangan,dan berita gembira menghampiri orang tertindas itu. Ia adalah mimpi yang telah menjadi kenyataan di depan mata para pemimpi.



MENUJU CAHAYA
Terkait surat yangditulis Hasan Al Banna kepada para penguasa islam saat itu.
TANGGUNG JAWAB SEORANG PEMIMPIN
Kemaslahatan urusan mereka di hari ini dan di masa yang akan datang adalah amanah Allah yang harus anda tunaikan dan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Pemimpin itu haruslah amanah, tanggung jawab, dan mau memikirkan umatnya.
PENDAHULUAN
Masa Peralihan
Masa ini adalah masa paling rawan karena saat itulah ideology kehidupan yang baru diberlakukan. Langkah-langkah ke depan mulai digariskan dan nilai-nilai dasar kehidupan dimana umat akan tegak di atasnya mulai dibangun.
Di persimpangan jalan
Masa peralihan umat memiliki 2 urgensi:
Pertama, membebaskan umat dari belenggu penindasan kehidupan politik sampai mereka memperoleh kemerdekaannya.
Kedua, menegakkan bangunan umat islam dari awal agar eksistensi mereka diakui oleh bangsa lain dan mampu bersaing dengan mereka secara sehat.
Jalan yang pertama adalah jalan islam dengan landasan pemikiran, prinsip dasar, dan peradabannya. Sedangkan jalan yang kedua adalah jalan barat dengan segala fenomena kehidupan yang melingkupinya, UU, serta system ideology.
Keistimewaan orientasi islam
1.             Kebenaran manhaj islam telah teruji dan sejarah telah menjadi saksi atas keunggulannya
2.             Manhaj islam telah mencetak umat paling kuat, utama, penuh kasih saying, dan paling diberkati diantara bangsa-bangsa yang ada.
3.             Dengan kesucian manhaj islam dan telah bersemayamnya manhaj ini dalam dada manusia, menjadikannya mudah diterima berbagai kalangan, mudah dipahami, mudah diikuti pesan-pesannya.
4.             Berjalan di atas jalan ini berarti mengokohkan persatuan bangsa arab secara khusus dan persatuan islam secara umum.
5.             Mahhaj islam adalah manhaj yang sempurna dan menyeluruh.
Peradaban barat saat ini
Peradabannya mulai roboh, undang-undang dan nilai dasarnya pun mulai hancur. Dominasi politiknya telah binasa oleh kediktatoran, tonggak perekonomiannya diguncang krisis yang tiada henti, sedangkan berjuta-juta orang menderita. Mereka telah terbakar oleh api kerakusan dan materialisme. Pada masa lalu kepemimpinan dunia pernah dipegang oleh bangsa timur. Setelah itu datanglah peradaban yunani dan romawi maka berpindahlah ia ke barat. Setelah itu, datanglah masa kenabian Musa, Isa, Muhammad saw. Yang membawa kepemimpinannya kembali ke dunia timur. Setelah itu dunia timur terlelap dalam tidurnya yang panjang dan bangkitlah negara-negara barat dengan peradaban modern yang penuh dengan kedzaliman sikap aniaya dan melampaui batas.
Sungguh kini dunia tengah menantikan kembalinya kepemimpinan ke dunia timur untuk menanungi mereka dengan panji-panji ilahi, memayunginya dengan naungan Al Qur’an, dan menghadirkan ke hadapan dunia tentara-tentara iman yang kuat dan tegar.
ISLAM MENJAMIN KEBUTUHAN BANGSA YANG BANGKIT
Al Qur’an menawarkan penyelesaian terhadap berbagai persoalan dengan jelas dan rinci, sehingga bangsa manapun mau mengambilnya sebagai landasan hidup, niscaya ia akan memperoleh apa yang diinginkannya.
Islam dan cita-cita
Umat yang tengah bangkit membutuhkan cita-cita yang tinggi. Cita-cita tersebut terdapat suatu kekuatan yang membangkitkan semangat untuk bertahan menghadapi berbagai kesulitan betapapun hebatnya. Kekuatan yang membuat kita siap bergumul dengan berbagai peristiwa betapapun dahsyatnya sampai kita mendapat kemenangan yang gilang gemilang.

Islam dan kebangsaan
Ada perbedaan yang menyolok antara masyarakat yang terpola dengan nilai islam dengan masyarakat yang didoktrin oleh slogan semata. Sedangkan islam mendorong kuatnya komitmen padanya dan menjelaskan bahwa ia bukan fanatisme buta atau kebanggaan yang semu. Ia adalah rasa bangga sebagai pemimpin dan pemandu dunia menuju kehidupan yang baik dan sejahtera.
Tanah air dalam pengertian islam menyangkut:
Pertama, wilayah geografis secara khusus
Kedua, meluas ke berbagai negara islam
Ketiga, melebar ke berbagai bekas wilayah daulah islamiyah
Keempat, meluas ke berbagai negeri kaum muslimin.
Islam dan jiwa keprajuritan
Putra-putra islam berjuang demi meraih keridhaan Allah sementara musuh-musuh berperang tanpa memiliki tujuan yang jelas. Mereka orang-orang yang berjiwa kerdil dan bernurani rapuh. Kita lihat akar-akar fasisme Musollini, Nazi Hitler ataupun komunisme Stalin adalah militer murni. Akan tetapi ada perbedaan militer mereka dengan militer islam. Islam ajaran yang mengagungkan kekuatan namun lebih cenderung pada perdamaian. Militer dalam islam bertindak sebagai polisi keadilan dan penegak undang-undang dan hukum. Sedangkan pasukan eropa adalah pasukan bar-bar yang dzalim dan tentara yang hanya berpikir untuk keselamatan dirinya.
Islam dan kesehatan secara umum
Seorang pemimpin memiliki kekuatan piker dan keperkasaan berfikir yang merupakan pilar utama menegakkan kebangkitan dan segenap bebannya. Rasulullah melarang umatnya membuang air seni dan kotoran tinja di air yang diam. Beliau saw meganjurkan untuk banyak berolahraga seperti melempar, berenang, jogging, maupun latihan perang.juga melarang keras berlebihan dalam urusan ibadah sampai menerlantarkan kesehatan tubuhnya dengan alas an taqarrub (mendekatkan diri pada Allah SWT), semua harus bisa berjalan proporsional.

Islam dan ilmu
Sebagaimana umat ini butuh kekuatan, ilmu pengetahuan dapat menopang kekuatan tersebut dan mengarahkannya pada tujuan yang utama. Al Qur’an tidak membedakan ilmu pengetahuan umum dan agama, bahkan mewasiati kita supaya meraih keduanya.
Islam dan akhlak
Umat yang tengah bangkit membutuhkan akhlak yang mulia, jiwa yang besar, dan cita-cita yang tinggi karena umat tersenut akan menghadapi tuntutan dari sebuah masyarakat yang baru. Hanya islam yang mampu mencetak kepribadian itu, yang menjadikan kebersihan dan kesucian jiwa sebagai podasi bagi kejayaan umat.
Islam dan ekonomi
Islam mengajarkan kepada kita untuk menjaga harta, menjelaskan nilainya, serta mengingatkan kewajiban kita untuk memperhatikannya yaitu menjaga keseimbangan antara infaq dan penghasilan.
System islam secara umum
Islam berkaitan dengan kehidupan pribadi, keluarga, bangsa baik pemerinytah maupun rakyatnya serta hubungan antar bangsa telah merangkum berbagai sisi penghayatan, kecermatan, kejelasan, serta pengutamaan maslahat. Ia adalah system yang mendatangkan manfaat dan paling sempurna yang pernah dikena umat manusia sejak zaman dahulu sampai sekarang.
ISLAM MELINDUNGI GOLONGAN MINORITAS & MEMELIHARA HAK ORANG ASING
Prinsip islam dalam menyikapi umat lain adalah prinsip perdamaian dan persahabatan, sepanjang mereka berperilaku lurus dan berhati bersih. Namun jika hati mereka rusak dan kejahatan mereka merajalela, al Qur'an menggariskan sikap tegas dengan firmannya.
ISLAM TIDAK MENGERUHKAN HUBUNGAN KITA DENGAN BARAT
Dasar-dasar ideology yang diletakkan oleh islam yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga kemuliannya, adalah dasar-dasar ideology paling kokoh yang pernah dikenal manusia. Islamlah uang mengumandangkan pemeliharaan hak dan penunaian perjanjian.
AKAR-AKAR KEBANGKITAN DI TIMUR BUKANLAH YANG ADA DI BARAT
Kebangkitan negara-negara barat tegak di atas penghancuran agama dan gereja, terlepasnya mereka dari kekuasaan paus dan cengkeram para pendeta secara para rabi, pemberangusan terhadap segala fenomena kepemimpinan agama di masyarakat dan pemisahan secara total antara urusan agama dengan urusan politik kenegaraan. Sebuah kebangkitan yang harus dibangun di atas pondasi akhlak yang mulia, ilmu pengetahuan yang luas dan kekuatan yang tegar.
TOKOH AGAMA BUKANLAH AGAMA ITU SENDIRI
Mereka para tokoh agama barat senantiasa menindas warganya, bekerjasama dengan para perampas hak rakyat. Berbeda dengan kisah hidup ulama sangat tegar dank eras menunjukkan sikapnya, berani memerintah, mencegah bahkan menolak hadiah dari para penguasa. Menyampaikan tuntutan-tuntutan umat, bahkan lebih dari itu mereka senantiasa siap memanggul senjata jika menghadapi berbagai tindakan kedzaliman. Maka dalam tradisi islam meliputi seluruh muslim. Baik orang muslim biasa maupun tokohnya adalah tokoh agama.
LANGKAH YANG BERANI DAN TEPAT
Kita tidak punya alasan lagi untuk menjauh dari kebenaran yakni system islam. Memang pada system eropa terdapat banyak hiasan materi dan kemewahan. Padanya terdapat kenikmatan, kesenangan, permisifisme, dan kebebasan, serta segala yang menyenangkan hawa nafsu. Kemewahan hidup telah menghancurkan banyak bangsa. Eropa pun telah diguncang kenikmatan duniawi dan kerakusan terhadapnya.
BEBERAPA LANGKAH PRAKTIS MENUJU PERBAIKAN

Jika ada tekad yang tulus dan jalan membentang luas, sementara masyarakat sendiri memiliki kemauan yang keras untuk meniti jalan kebajikan, insya Allah semua itu akan terwujud. Mantapkanlah orientasi anda niscaya ALLAH tetap bersama anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar